KEHIDUPAN SOSIAL PEKERJA SEKS KOMERSIAL REMAJA (Studi Kasus Di Terminal Rt.14 Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu)

SIREGAR, MUHAMMAD SYAHRIZAL and Alex, Abdu Chalik and Suparman, Suparman (2021) KEHIDUPAN SOSIAL PEKERJA SEKS KOMERSIAL REMAJA (Studi Kasus Di Terminal Rt.14 Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI M. SYAHRIIZAL OK.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Konsep sosial adalah konsep keseharian yang digunakan untuk menunjuk sesuatu dan yang dipahami secara umum dalam masyarakat. Sedangkan konsep sosiologis merupakan konsep yang digunakan sosiologis untuk menunjuk sesuatu dalam konteks akademik. Kehidupan masyarakat terdiri dari berbagai aspek yang antara aspek satu dengan aspek yang lainnya terdapat keterkaitan yang saling mendukung serta melengkapi. Pekerja seks komerial merupakan bagian dari kegiatan seks diluar nikah yang ditandai oleh kepuasan seks dari bermacam- macam orang yang melibatkan beberapa pria, dilakukan demi uang dan dijadikan sebagai sumber pendapatan. Penelitian ini murapakan penelitian kualitatif dengan menggunakan 4 orang informan utama dan 1 orang informan penunjang. Informan utama dalam penelitian ini adalah pekerja seks komersial remaja. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hubungan sosial sesama pekerja seks komersial berjalan baik, hubungan sosial pekerja seks komersial remaja dengan keluarga berjalan baik, hampir semua dari keluarga pekerja seks komersial tidak mengetahui profesi mereka yang sebenarnya, hubungan sosial pekerja seks komersial remaja dengan masyarakat berjalan baik, diantara mereka tidak ada konflik ataupun perselisihan, hubungan sosial pekerja seks komersial remaja dengan pelanggan, mereka selalu menjaga pola komunikasi yang baik dan belum pernah mendapatkan perlakuan yang tidak wajar, aktivitas spiritual pekerja seks komersial remaja rata-rata para pekerja seks komersial mengalami gejolak batin diungkapkan dalam beberapa hal yaitu, alasan jarang beribadah, alasan belum bertaubat. Rekomendasi yang peneliti sarankan adalah: bagi pihak Kelurahan disarankan agar memberikan kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun kerja sama antara masyarakat dengan pekerja seks, bagi Pemerintah Kota Bengkulu terutama Dinas Sosial, supaya lebih bijak dan serius dalam menanggulangi masalah prostitusi, pemerintah segera merekrut tenaga ahli seperti pekerja sosial profesional untuk penanganan prostitusi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:43
Last Modified: 08 Mar 2021 07:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22317

Actions (login required)

View Item View Item