KONFLIK ANTARA PEDAGANG DENGAN PENGELOLA PASAR DI PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU

OKTARI, NONONG and Desy, Afrita and Yessilia, Osira (2021) KONFLIK ANTARA PEDAGANG DENGAN PENGELOLA PASAR DI PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi NONONG OKTARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (28MB)

Abstract

Konflik adalah perbedaan kepentingan (divergencev of interest) atau suatu kepercayaan bahwa aspirasi pihak-pihak tertentu tidak dicapai secara seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik yang terjadi antara pedagang dengan pengelola pasar Panorama di Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Informan ditentukan dengan purposive. Jumlah keseluruhan informan dalam penelitian ini sebanyak 14 orang yang terdiri dari, pengelola pasar, pedagang dan pembeli. Data yang digunakan dalam peneliti ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh melalui observasi, wawancara langsung kepada informan dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari bahan pustaka dan study dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konflik antar pedagang dan pengelola pasar Panorama Kota Bengkulu ini muncul karena adanya perbedaan kepentingan. Pedagang merasa pendapatannya mengalami penurunan karena semakin hari pasar menjadi sepi. Sepinya pembeli ini karena penataan pasar yang tidak memadai dan tidak didukung oleh sarana dan prasarana yang tidak layak bagi fasilitas pelayanan publik, misalnya ukuran los terlalu kecil, jalan antara gang yang terlalu sempit, pintu keluar masuk yang kecil dan sedikit. Akibatnya pembeli menjadi berkurang, dan mempengaruhi pendapatan pedagang. Kondisi ini menyebabkan pedagang berinisiatif pindah lokasi keluar area pasar dengan harapan lebih mudah dicapai oleh pembeli. Menanggapi situasi ini pengelola melakukan penertiban. Tindakan penertiban oleh pengelola memicu konflik yang terlihat dalam bentuk kontak fisik antara pedagang dengan pengelola pasar. Beberapa upaya yang telah dilakukan untuk memecahkan konflik ini antara lain mediasi, antara pedagang dengan pengelola, hearing ke DPRD kota Bengkulu serta upaya perombakan /penataan pasar yang mengakomodir aspirasi pedagang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:47
Last Modified: 08 Mar 2021 07:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22318

Actions (login required)

View Item View Item