PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA PADA MASA PACEKLIK (Studi Ibu Rumah Tangga Petani Kopi Di Kelurahan Keban Agung Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang)

ROMLAH, SITI and Tamrin, Bangsu and Yessilia, Osira (2021) PERAN IBU RUMAH TANGGA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA PADA MASA PACEKLIK (Studi Ibu Rumah Tangga Petani Kopi Di Kelurahan Keban Agung Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI (Siti Romlah, D1A013043).pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (23MB)

Abstract

Berbagai peranan dapat dilakukan sesuai dengan status dan kedudukan yang melekat pada diri seseorang dalam melaksanakan fungsinya. Pada posisi ibu rumah tangga, peran utamanya yaitu mengurus dan bertanggung jawab atas urusan rumah tangganya. Namun ada fenomena di masyarakat, bahwa kaum ibu juga menjadi penyelamat perekonomian keluarga, terlihat ibu rumah tangga petani kopi ikut serta mencari nafkah tambahan dalam menyiasati kondisi masa paceklik dengan melakukan berbagai hal, karena penghasilan utama belum cukup mengimbangi kebutuhan keluarga setiap harinya. Dengan begitu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran ibu rumah tangga petani kopi dalam upaya pemenuhan kebutuhan keluarga saat menghadapi masa paceklik, baik berperan dalam sektor domestik dan publik di Kelurahan Keban Agung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling, informan pada penelitian ini sebanyak 20 orang yang mewakili ibu rumah tangga, tokoh masyarakat formal dan informal, serta anggota masyarakat terdiri dari suami, anak, pemilik lahan, dan rekan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 aspek peran yang dilakukan ibu rumah tangga yaitu peran tradisi (domestik), peran transisi dan peran kotemporer (publik), melalui pelaksanaan peran transisi yang lebih dominan, serta diikuti aspek peran kotemporer yang menjadi pilihan ibu untuk mandiri sebagai tuntutan kebutuhan ekonomi dari keluarga petani kopi pada masa paceklik, telah memberikan kontribusi positif dalam menambah pendapatan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:34
Last Modified: 15 Mar 2021 03:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22326

Actions (login required)

View Item View Item