DAMPAK BIOPSIKOSOSIAL ANAK YANG BEKERJA (Studi Kasus Penjual Kerupuk Keliling di Kelurahan Rawa Makmur Permai Kota Bengkulu)

MINARTI, TRIA and Suparman, Suparman and Syuplahan, Gumay (2021) DAMPAK BIOPSIKOSOSIAL ANAK YANG BEKERJA (Studi Kasus Penjual Kerupuk Keliling di Kelurahan Rawa Makmur Permai Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan sehari-hari pekerja anak sebagai penjual kerupuk keliling di Kelurahan Rawa Makmur Permai Kota Bengkulu dengan jam kerja yang panjang dan bekerja di jalanan memberikan dampak biopsikososial pada mereka. Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang dampak biopsikososial anak yang bekerja sebagai penjual kerupuk keliling di Kelurahan Rawa Makmur Permai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsif. Teknik pengumpulan data adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 8 informan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang bekerja berjenis kelamin laki-laki, badannya terlihat kurus, tidak bergairah karena kelelahan. Anak yang bekerja belum terbuka atau malu-malu dengan penampilan yang kusam. Anak yang bekerja berdampak pada kesehatan mereka seperti demam, flu dan batuk kerena suhu udara dan cuaca Anak yang bekerja cenderung mudah putus asa, malu sesama teman sebaya, kebutuhan anak bermain dengan teman sebaya yang berkurang tidak dapat bermain seperti layaknya anak-anak lain dan kurang istrirahat. Dari hasil penelitian ekonomi keluarga yang kekurangan kebutuhan akan bersekolah dan sehari-hari tidak cukup yang mendorong faktor anak yang bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:38
Last Modified: 15 Mar 2021 03:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22327

Actions (login required)

View Item View Item