EFEKTIFITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 69 DI KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Mieliani, Yossi and Muria, Herlina and Novi, Hendrika Jaya Putra (2021) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 69 DI KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
1. skripsi lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program pemerintah yang pada dasarnya digunakan untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksanaan wajib belajar 9 tahun.Wajib belajar 9 tahun bertujuan untuk memberikan pendidikan minimal bagi warga negara Indonesia agar dapat mengembangkan potensi dirinya sehingga dapat hidup mandiri dalam masyarakat atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.Jenis penelitian yakni penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara mendalam tentang situasi atau proses yang diteliti dengan penjelasan-penjelasan yang bersifat kualitatif. Melibatkan informan sebanyak 10 orang, yang terdiri dari Kepala sekolah,Guru,Murid dan Wali murid. Metode penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan melalui program BOS Pemerintah memberikan dana ke-sekolah- sekolah antara lain Sekolah Dasar Negeri maupun Sekolah Dasar Swastayang bersediamemenuhiketentuanyangtelah ditetapkandalamprogramBOS. Hampir sebagian besar dana BOS dimanfaatkan untuk kegiatan, membayar tenaga honorer, GTT, PTT dan Tenaga Harian lepas, Belanja barang dan jasa, Kegiatan Belajar mengajar, Kegiatan Kesiswaan, Kegiatan Pemeliharaan. Sedangkan dampak yang dirasakan olehsekolah dengan adanya program BOS antara lain ;adanya peningkatan kuantitas dan kualitas sarana pendidikan hal ini akan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar siswa, dampak yang diraskan oleh siswa adalah adanya beban biaya sekolah menjadi lebih berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:48
Last Modified: 15 Mar 2021 03:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22329

Actions (login required)

View Item View Item