PERILAKU SANTRI PENGGUNA GAME ONLINE (Study Kasus di Pondok Pesantren Mazro’illah Kota Lubuklinggau)

Elistina, Yulvi and Tamrin, Bangsu and Suparman, Suparman (2021) PERILAKU SANTRI PENGGUNA GAME ONLINE (Study Kasus di Pondok Pesantren Mazro’illah Kota Lubuklinggau). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi YULVI ELISTINA.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (25MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia, salah satunya game online. Game online yang diciptakan hari demi hari terus berkembang mengikuti jaman dan permintaan peminatnya, agar penikmat tidak merasa bosan. Akan tetapi banyak orang yang salah dalam memanfaatkan teknologi ini mereka hanya tau untuk bermain saja tetapi tidak memikirkan efek yang ditimbulkan dari permainan game online. Game online adalah game atau permainan yang dimainkan secara online via internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku santri pengguna game online. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dengan 11 informan yang terdiri dari 8 santri, 2 pembina atau pengasuh pondok pesantren, dan 1 penjaga warnet. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa permainan game online mempengaruhi perilaku santri di Pondok Pesantren. Perubahan perilaku yang dialami oleh santri terbagi menjadi tiga domain yaitu dalam pengetahuan (knowledge), sikap (Attitude), Praktik atau tindakan (Practice). Perubahan perilaku santri tidak semua bersifat negatif, namun ada juga yang bersifat positif. Dampak negatif antara lain, seringnya bolos sekolah, menurunnya hasil akademik di pondok pesantren baik pendidikan formal maupun non formal, serta meninggalkan kewajiban sebagaimana layaknya tugas santri. Dampak positif dari game online antara lain santri menganggap bahwa game online sebagai alternatif bisa melepaskan kejenuhannya terhadap proses pembelajaran di pondok pesantren akibat stres karena setiap hari santri hanya bergelut dengan proses pembelajaran agama, Santri juga bisa berfikir lebih kreatif, serta relasi teman lebih banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:53
Last Modified: 15 Mar 2021 03:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22330

Actions (login required)

View Item View Item