PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANTIKORUPSI UNTUK PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR BERBASIS ANIMASI (Studi Kasus SDN.89 Pondok Kelapa)

HAMDANI, AMRI and Desi, Andreswari and Asahar, Johar (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANTIKORUPSI UNTUK PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR BERBASIS ANIMASI (Studi Kasus SDN.89 Pondok Kelapa). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Amri Hamdani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Korupsi Merupakan fenomena global dan tentunya menjadi masalah besar bagi masa depan bangsa ini. Dalam jangka panjang (long term) keberhasilan praktek penanggulangan dan pemberantasan korupsi tidak hanya bergantung pada aspek penegakan hukum (law enforcement) belaka, namun juga ditentukan oleh aspek pendidikan yakni pendidikan antikorupsi. Salah satu cara mudah untuk mengajarkan Sikap yang anti terhadap Korupsi kepada anak-anak adalah dengan menampilkan Gambar, Suara, dan Animasi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan anak-anak pendidikan Sekolah dasar tentang sikap Antikorupsi Sehingga dapat memperkenalkan sebagian dari perilaku koruptif dan sikap Antikorupsi untuk dapat menerapkanya pada kehidupan sehari-hari. Dan juga dapat mengimplementasikan Media Animasi sebagai media Pembelajaran Antikorupsi di SDN.89 Pondok Kelapa. Aplikasi ini dibuat menggunakan Software Adobe Flash Cs6 dan Bahasa pemrograman Actionscript 3.0. Aplikasi ini berisi 3 (tiga) menu yaitu, Menu materi yang berisi materi perilaku koruptif dan sikap Antikorupsi, menu Video yang berisi video contoh perilaku Antikorupsi, dan menu latihan Soal yang berisi latihan soal sederhana. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Media Pembelajaran Antikorupsi Berbasis Animasi. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilaksanakan, hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh terhadap aspek pemahaman siswa mengenai Sikap Antikorupsi. Dan secara fungsional aplikasi sudah sesuai, layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran Antikorupsi di SDN.89 Pondok Kelapa. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Perilaku Koruptif, SIkap Antikorupsi, SDN.89 Pondok Kelapa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:19
Last Modified: 18 Mar 2021 02:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22368

Actions (login required)

View Item View Item