PEMETAAN ZONA KETERPAPARAN PERMUKIMAN TERHADAP TSUNAMI SEBAGAI UPAYA MITIGASI BENCANA DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS WEBGIS ( STUDI KASUS : KOTA BENGKULU )

MAHENDRA, HARIZA and Ernawati, Ernawati and Aan, Erlanshari (2019) PEMETAAN ZONA KETERPAPARAN PERMUKIMAN TERHADAP TSUNAMI SEBAGAI UPAYA MITIGASI BENCANA DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS WEBGIS ( STUDI KASUS : KOTA BENGKULU ). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI-G1A015032-HARIZA MAHENDRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kota Bengkulu adalah salah satu daerah yang terancam bencana tsunami, dikarenakan perairan laut Kota Bengkulu merupakan zona subduksi lempeng Indo - Australia dengan lempeng Eurasia dengan laju pergeseran sebesar 4 – 6 cm/tahun. Sesuai dengan Undang-undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan pembuatan dokumen mitigasi bencana seperti pembuatan peta risiko. Penelitian ini bertujuan untuk membuat peta tingkat keterpaparan tsunami setiap kecamatan di Kota Bengkulu. Untuk menghitung tingkat keterpaparan tsunami ada empat parameter yang dihitung yaitu ketinggian daratan, kemiringan daratan, jarak daratan dari sungai dan jarak daratan dari garis pantai. Parameter tersebut dihitung dengan metode Weighted Product(WP). Metode Weighted Product (WP) merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah Multi Attribute Decision Making(MADM) yang menggunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut,dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Penelitian ini menghasilkan peta tingkat keterpaparan tsunami yang disajikan pada Webgis. Kecamatan yang memiliki tingkat keterpaparan tsunami tinggi adalah kecamatan Ratu Agung. Kecamatan yang memiliki tingkat keterpaparan tsunami sedang adalah Ratu Samban, Gading Cempaka, Sungai Serut, Kampung Melayu, dan Teluk Segara. Dan kecamatan yang memiliki tingkat keterpaparan tsunami rendah adalah kecamatan Singaranpati, Muara Bangkahulu, dan Selebar. Kata kunci : Tsunami, Keterpaparan, Kota Bengkulu ,Weighted Product, Webgis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:43
Last Modified: 18 Mar 2021 02:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22371

Actions (login required)

View Item View Item