IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE CASE BASED REASONING PADA SISTEM PAKAR PENGIDENTIFIKASIAN SPESIES MANGROVE (STUDI KASUS : TAMAN WISATA ALAM PANTAI PANJANG DAN PULAU BAAI KOTA BENGKULU)

KENNEDY, JOHN and Desi, Andreswari and Arie, Vatresia (2019) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE CASE BASED REASONING PADA SISTEM PAKAR PENGIDENTIFIKASIAN SPESIES MANGROVE (STUDI KASUS : TAMAN WISATA ALAM PANTAI PANJANG DAN PULAU BAAI KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Laporan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Mangrove merupakan ekosistem dengan fungsi yang unik dalam lingkungan hidup. Karena sifat fisiknya, mangrove mampu berperan sebagai penahan ombak serta penahan intrusi dan abrasi laut. Mangrove sendiri memiliki berbagai jenis spesies yang tersebar di seluruh Indonesia dan belum banyak diketahui orang pada umumnya. Dalam pengidentifikasian spesies mangrove itu sendiri tidak dapat dilakukan dengan sembarang, melainkan dibutuhkan seorang pakar yang benar – benar paham dengan spesies mangrove. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengadopsi pengetahuan pakar mangrove untuk melakukan identifikasi dari spesies mangrove ke dalam bentuk sistem pakar. Metode yang digunakan yaitu metode case based reasoning dengan menggunakan algoritma KNN yang dipakai untuk menghitung nilai similarity antar kasus yang akan diaplikasikan pada sistem pakar untuk mengidentifikasi spesies mangrove yang terdapat di Taman Wisata Alam Pantai Panjang dan Pulau Baai Kota Bengkulu. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, Javascript, Php, dan Mysql serta dirancang dengan menggunakan diagram UML. Hasil dari penelitian ini sendiri adalah, telah berhasil diaplikasikan nya metode case based reasoning dalam sistem pakar untuk mengidentifikasi spesies mangrove yang terdapat di Taman Wisata Alam Pantai Panjang dan Pulau Baai Kota Bengkulu. Kata kunci : Sistem pakar, mangrove, case based reasoning, KNN, Taman Wisata Alam Pantai Panjang dan Pulau Baai Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:51
Last Modified: 18 Mar 2021 02:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22373

Actions (login required)

View Item View Item