IMPLEMENTASI METODE TEOREMA BAYES PADA PENENTUAN KLASIFIKASI LAJU ABRASI PANTAI (Studi Kasus : Pesisir Barat Kabupaten Bengkulu Tengah Dan Kabupaten Bengkulu Utara)

ADHA, QOLBY YOSTRA EVANT and Desi, Andreswari and yudi, Setiawan (2019) IMPLEMENTASI METODE TEOREMA BAYES PADA PENENTUAN KLASIFIKASI LAJU ABRASI PANTAI (Studi Kasus : Pesisir Barat Kabupaten Bengkulu Tengah Dan Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
[SKRIPSI]_[G1A015007]_[QOLBY YOSTRA EVANT ADHA].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Abrasi merupakan pengikisan atau pengurangan daratan (pantai). Dampak dari laju abrasi tersebut mengakibatkan permukaan tanah turun di daerah pesisir pantai Kabupaten Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara. Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, dibutuhkan suatu sistem dapat mempermudah dalam pengklasifikasian laju abrasi untuk membantu meninjau daerah-daerah yang terkena laju abrasi. Pada penelitian ini, sistem menggunakan metode teorema bayes. Sistem bekerja dengan cara menampilkan opsi jawaban yang dapat dipilih oleh pengguna, dimana setiap pilihan pengguna akan mempengaruhi hasil klasifikasi. Pada penelitian ini menggunakan beberapa parameter yang diolah yaitu data gelombang dan arus laut didapatkan dari BMKG, vegetasi daerah diolah menggunakan arcmap, bentuk garis padan dan tipologi pantai didapatkan dari obeservasi dengan menggunakan google earth. Luaran yang dihasilkan berupa informasi tingkat klasifikasi laju abrasi dengan menggunakan metode teorema bayes. Penelitian ini menggunakan 99 data yang terdiri dari 33 data untuk setiap tahunnya, pada mengambil studi kasus tahun 2016-2018. Pengembangan sistem menggunakan metode inkremental. Akurasi sistem berdasarkan 65 data yang diuji adalah 80%. Pengujian sistem secara fungsional telah dilakukan menggunakan metode pengujian Black Box dan menghasilkan nilai 100 % dengan berbagai macam skenario. Kata kunci : Teorema Bayes, Laju Abrasi, Sistem Berbasis Pengetahuan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:10
Last Modified: 18 Mar 2021 03:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22377

Actions (login required)

View Item View Item