EVALUASI USABILITY TERHADAP SISTEM PROMOSI PARIWISATA BERBASIS ANDROID DAN WEB (Studi Kasus : Objek Pariwisata di Provinsi Bengkulu)

PUTRA, RAFLES ABDI and Rusdi, Efendi and Asahar, Johar (2019) EVALUASI USABILITY TERHADAP SISTEM PROMOSI PARIWISATA BERBASIS ANDROID DAN WEB (Studi Kasus : Objek Pariwisata di Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_RAFLES ABDI PUTRA_G1A014041.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem promosi pariwisata Provinsi Bengkulu berbasis Android dan Web dan untuk mengetahui hasil evaluasi sistem promosi pariwisata melalui pendekatan Usability Testing. Pada penelitian ini menghasilkan sistem Aplikasi Jelajah Bengkulu berbasis Android yang dapat di install pada Smartphone Android yang memungkinkan pengguna secara realtime untuk meng-update posting, memberikan like, serta komentar pada salah satu posting yang terdapat di list. Dan hasil posting, like serta komentar tersebut akan secara otomatis mengubah content yang terdapat pada aplikasi Jelajah Bengkulu berbasis Web. Pengguna aplikasi dapat mengabadikan moment di masing-masing wisata yang ada di Provinsi Bengkulu, dan juga mendapatkan informasi pariwisata di Provinsi Bengkulu meliputi wisata alam (pesisir dan hutan tropis), budaya, sejarah, dan kuliner. Berdasarkan pengujian usability pada sistem aplikasi terhadap 50 responden yang diukur dengan skala linkert, tingkat kepuasan pada segi kemudahan, efisiensi, mudah diingat, kesalahan, dan kepuasan berada pada skala 4 sehingga hasil usability responden terhadap sistem adalah puas. Berdasarkan pengujian black box dengan menguji beberapa form masukan pada aplikasi, didapatkan hasil bahwa fungsional aplikasi sudah berjalan dengan baik dan telah sesuai dengan rancangan Kata Kunci : Evaluasi Usability, Sistem Promosi, Pariwisata, Android, Web.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:19
Last Modified: 18 Mar 2021 03:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22378

Actions (login required)

View Item View Item