ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN (APLIKASI QFD - QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ) PADA HOTEL VISTA BENGKULU

Afriadi, Dona and Budi, Supriyanto (2009) ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN (APLIKASI QFD - QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT ) PADA HOTEL VISTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
DONA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (880kB)

Abstract

Hotel Vista Bengkulu merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa perhotelan. Pada saat ini telah banyak bermunculan perusahaan yang bergerak dibidang yang sama, sehingga perusahaan perlu untuk berusaha memperbaiki kinerjanya agar konsumen mendapatkan kepuasan dan tidak beralih kepada perusahaan sejenisnya. Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak manajemen hotel Vista bahwa untuk meningkatkan daya saing, dan menarik serta mempertahankan pelanggan dapat dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) yang berisi tentang matrik perencanaan (skala preferensi konsumen dan bechmarking), atribut jasa, parameter tehnik, respon teknis, hubungan antar atribut, prioritas teknis, kesulitan teknis, dan target yang ingin dicapai serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis. Dalam penelitian ini QFD digunakan untuk mengetahui keinginan konsumen, maka digunakan kuisioner. Selanjutnya ditentukan derajat kepentingan, tingkat kepuasan konsumen (skala preferensi konsumen), penentuan parameter tehnik, interaksi keeratan hubungan antara penjelasan teknis (parameter tehnik) dan atribut jasa, nilai target, kesulitan teknis, prioritas teknis, serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis. Setelah dilakukan pengolahan maka diperoleh 11 atribut yang dianggap penting oleh konsumen, dan 20 parameter tehnik yang disediakan pihak hotel Vista Bengkulu telah memberikan kepuasan sebesar 71,93 sedangkan hotel pesaingnya yaitu hotel Idaman Bengkulu sebesar 69,36 yang berarti hotel Vista Bengkulu lebih unggul dibandingkan pesaingnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 28 Nov 2013 22:28
Last Modified: 28 Nov 2013 22:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2238

Actions (login required)

View Item View Item