IMPLEMENTASI FUZZY SUBTRACTIVE CLUSTERING DALAM PENGOLAHAN CITRA TUTUPAN LAHAN PENGINDERAAN JAUH (STUDI KASUS : KABUPATEN BENGKULU TENGAH)

NUGRAHA, REYNALDI SUMANTRI and Ernawati, Ernawati and Endina, Putri Purwandari (2019) IMPLEMENTASI FUZZY SUBTRACTIVE CLUSTERING DALAM PENGOLAHAN CITRA TUTUPAN LAHAN PENGINDERAAN JAUH (STUDI KASUS : KABUPATEN BENGKULU TENGAH). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
IMPLEMENTASI FUZZY SUBTRACTIVE CLUSTERING DALAM PENGOLAHAN CITRA TUTUPAN LAHAN PENGINDERAAN JAUH - G1A015044.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Pengolahan citra digital untuk pengklasifikasian tutupan lahan dengan menggunakan metode clustering sebelumnya sudah pernah dilakukan dengan metode yang berbeda-beda dengan tujuan mendapatkan hasil akurasi yang dianggap bisa memberikan hasil yang akurat. Pengklasifikasian tutupan lahan dengan menggunakan metode algoritma fuzzy subtractive clustering sebelumnya belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan pengolahan citra tutupan lahan dengan menggunakan metode fuzzy subtractive clustering. Penelitian ini menghasilkan peta Kawasan Bengkulu Tengah yang telah terklasifikasi dalam 5 kelas penutupan lahan yaitu awan, badan air/bayangan awan, pemukiman/lahan terbuka, vegetasi dan hutan. Aplikasi dibangun dengan menggunakan software IDE MATLAB 2015b. Hasil pengecekan lapangan menunjukkan 90 % sesuai, dan 10 % tidak sesuai dengan kondisi lapangan sebenarnya. Kata kunci : tutupan lahan, fuzzy subtractive clustering, landsat 8, Bengkulu Tengah, Pengideraan Jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:42
Last Modified: 18 Mar 2021 03:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22381

Actions (login required)

View Item View Item