IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN MARKER TRACKING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA BAGI SISWA TINGKAT SMA KELAS X BERBASIS ANDROID MOBILE

YOKO, ARIBAN and Aan, Erlanshari and yudi, Setiawan (2019) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN MARKER TRACKING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA BAGI SISWA TINGKAT SMA KELAS X BERBASIS ANDROID MOBILE. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Laporan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013, kurikulum ini menekankan kepada pengalaman belajar siswa secara aktif dengan menerapkan TIK sebagai media pembelajaran pada setiap proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi augmented reality berbasis marker tracking sebagai media pembelajaran materi ikatan kimia untuk siswa SMA kelas X. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi ARCA yang dapat menampilkan materi ikatan kimia yang di lengkapi dengan pemodelan 3D dan penjelasan ikatan kimia, pengujian Pretest dan Posttest yang dilakukan sebelum dan sesudah siswa menggunakan aplikasi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi augmented reality ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ikatan kimia sebesar 17,86%. Pengujian kelayakan software menggunakan metode white box dan black box dengan beberapa requirement uji. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, secara fungsional aplikasi sudah sesuai, layak, dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran materi ikatan kimia kelas X dan berada dalam katagori “Sangat Baik”. Kata Kunci : Augmented reality, Kimia, Materi Ikatan Kimia, Marker Based Tracking, Android.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 18 Mar 2021 03:56
Last Modified: 18 Mar 2021 03:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22387

Actions (login required)

View Item View Item