PEMBUATAN, PERAKITAN DAN UJI EKSPERIMENTAL DUDUKAN GENERATOR GERAK TRANSLASI - ROTASI UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK GELOMBANG LAUT

RISPANDI, RISPANDI and Hendra, Hendra and Zuliantoni, Zuliantoni (2019) PEMBUATAN, PERAKITAN DAN UJI EKSPERIMENTAL DUDUKAN GENERATOR GERAK TRANSLASI - ROTASI UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK GELOMBANG LAUT. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Rispandi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Generator merupakan komponen penting pada pembangkit listrik, dengan mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Generator terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah dudukan generator. Pada penelitian sebelumnya, desain dudukan generator gerak translasi dan rotasi kurang kaku (stabil) dan presisi. sehingga mempengaruhi performance generator. Untuk menanggulangi hal ini maka didesain dudukan generator yang kaku (stabil) dan presisi agar diperoleh tegangan generator yang lebih baik. Desain dudukan generator dibuat dengan kondisi 900 agar lurus atau tegaklurus terhadap gerak komponen generator. Pada penelitian ini dilakukan simulasi dan eksperimental untuk membuat, desain dudukan generator yang stabil dan kaku serta pengujian performance generator. Dari hasil simulasi diperoleh nilai tegangan maksimum (σmax) von mises 6.427 Mpa, nilai defleksi sebesar 61,29 mm. Hasil pengujian eksperimental pada rangka dudukan generator diperoleh tegangan tanpa beban translasi sebesar 42,7 volt dan untuk rotasi sebesar 77,4 volt. Hasil yang didapatkan lebih baik dari hasil pengujian sebelumnya. Sedangkan untuk hasil daya translasi diperoleh sebesar 11,83 watt dan daya rotasi sebesar 14,73 watt, lebih baik dari hasil pengujian sebelumnya. Kata Kunci : Dudukan generator,Translasi – rotasi, Stabil (kaku), Presisi, Tegangan, Daya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 18 Mar 2021 04:27
Last Modified: 18 Mar 2021 04:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22392

Actions (login required)

View Item View Item