ANALISIS LALU LINTAS TERHADAP KAPASITAS JALAN DI DAERAH PARIWISATA PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU (Studi Kasus Jalan Pariwisata Pantai Panjang Bengkulu)

Sekali, Kaleb Boy Karo and Samsul, Bahri and lindung, Zaibuin Mase (2019) ANALISIS LALU LINTAS TERHADAP KAPASITAS JALAN DI DAERAH PARIWISATA PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU (Studi Kasus Jalan Pariwisata Pantai Panjang Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI KALEB BOY KARO SEKALI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (814kB)

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas umum. Kapasitas jalan adalah kemampuan ruas jalan untuk menampung arus atau volume lalu lintas yang ideal dalam satuan waktu tertentu, dinyatakan dalam jumlah kendaraan yang melewati potongan jalan tertentu dalam satu jam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja lalu lintas jalan dengan menghitung kendaraan yang melintas, kondisi geometrik jalan dan kondisi lingkungan. Pedoman dalam analisis data menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Raya Indonesia (PKJI 2014). Metode dan teknik pengumpulan data dilakukan langsung di lapangan. Data yang diperoleh dilapangan adalah arus lalu lintas maksimum(Q) pada hari minggu pukul 16.00 – 18.00 yaitu 2996,4 skr/jam, kapasitas jalan (C) sebesar 2379,8 skr/jam dan lebar jalur 13 meter. Derajat kejenuhan (Dj) sebesar 1,26, kecepatan arus bebas (VB) sebesar 37,29 km/jam, kecepatan tempuh (VT) sebesar 24,14 km/jam dan nilai hambatan samping sebesar 121/jam. Kata kunci : kapasitas jalan, derajat kejenuhan, hambatan samping.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 18 Mar 2021 04:49
Last Modified: 18 Mar 2021 04:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22395

Actions (login required)

View Item View Item