Ariani, Irzanita and Elita, Yessy and Mishbahuddin, Arsyadani (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF DISCLOSURE TERHADAP PENINGKATAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA REMAJA PUTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUSSALAM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPS)
IRZANITA ARIANI_A1L018064 - Irzanita ariani (1).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self dislosure terhadap peningkatan subjective well-being pada remaja putri di pondok pesantren Miftahussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh remaja putri Pondok Pesantren Miftahussalam kelas XI A yang berjumlah 20 orang dan sampel pada penelitian ini berjumlah 8 orang remaja putri. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data didapatkan dari skala subjective well-being dengan skala Likert. Hasil perhitungan rata-rata skor subjective well-being remaja putri sebelum diberikan layanan konseling kelompok adalah 91,1 dan mengalami peningkatan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan skor rata-rata 117,1. Berdasarkan Hasil uji hipotesis dengan uji t = -7.080 dapat disimpulkan adanya perbedaan antara subjective well-being sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Artinya terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self disclosure terhadap peningkatkan subjective well-being pada remaja putri di Pondok Pesantren Miftahussalam yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan layanan dan teknik bimbingan konseling yang berbeda untuk membantu meningkatkan subjective well-being. Kata kunci : subjective well-being, self disclosure, layanan konseling kelompok
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:07 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22429 |
Actions (login required)
View Item |