FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PEREMPUAN TUNGGU TUBANG TIDAK MELAKSANAKAN ADAT PEWARISAN MASYARAKAT SUKU SEMENDE “Studi Kasus Desa Ulu Danau Kecamatan Sindang Danau Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan”

SURYANI, ELLI ERMA and Heri, Sunaryanto and Sri, Hartati (2021) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PEREMPUAN TUNGGU TUBANG TIDAK MELAKSANAKAN ADAT PEWARISAN MASYARAKAT SUKU SEMENDE “Studi Kasus Desa Ulu Danau Kecamatan Sindang Danau Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan”. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
elli erma suryani (skripsi).pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan nilai-nilai kebudayaan suku Semende yaitu Tunggu Tubang dalam pembagian warisan dari masa ke masa. namun Seirirng perkembangannya zaman, tradisi Tunggu Tubang mengalami perubahan atau pergeseran nilai-nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja penyebab pergeseran terjadi dalam tradisi adat Tunggu Tubang dalam masyarakat suku Semende yang ada di desa Ulu Danau Kecamatan Sindang Danau Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Selanjutnya penelitian ini untuk mengetahui nilai-nila tradisi masyarakat suku Semende dan nilai-nilai yang telah mengalami perubahan atau pergeseran. Untuk mencapai penelitian tersebut, maka metode penelitian yang penulis gunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara dan studi pustaka yang bersumber dari buku, dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan teknik penulisan deduktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tunggu Tubang masih menjalankan berbagai peran dalam kehidupn sehari- hari dan masih melestarikan kebudayaannya dengan masih menjadi Tunggu Tubang melalui tinggal di desa dan merawat orang tua, namun tidak untuk menerima haknya sebagai penerima warisan karena terlalu banyak kewajiban yang harus di lakukan dan terlalu tertekan dengan diawasinya oleh ahli waris dari tunggu tubang tersebut yaitu Meraje

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:23
Last Modified: 14 Apr 2021 04:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22446

Actions (login required)

View Item View Item