EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERILAKU AGRESIF SISWA

Dila, Rizka Oktavia and Suprapti, Anni and Mishbahuddin, Arsyadani (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERILAKU AGRESIF SISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Rizka Oktavia Dila - Rizka oktavia dila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman perilaku agresif merupakan pemahaman siswa tentang perilaku yang dapat membahayakan orang lain, yang mana pelaku melakukannya karena kesengajaan bukan karena membela diri atau apapun, tetapi untuk mendapatkan haknya namun dengan cara melukai hak orang lain. Penelitian ini menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan pemahaman perilaku agresif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan pemahaman perilaku agresif. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan two group pre-test post-tes control design. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 150 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 20 peserta didik diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes pemahaman perilaku agresif. Hasil uji-t kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 20.589. Diketahui terdapat perbandingan pada layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan pemahaman perilaku agresif antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang mana kelompok eksperimen lebih efektif daripada kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian ini terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan pemahaman perilaku agresif peserta didik. Kata kunci: perilaku agresif, bimbingan kelompok, teknik homeroom

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:09
Last Modified: 16 Oct 2024 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22447

Actions (login required)

View Item View Item