KUALITAS LAYANAN GIANT SUPERMARKET BENGKULU TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Rhomadannius , Rendy and Soengkono, Soengkono (2009) KUALITAS LAYANAN GIANT SUPERMARKET BENGKULU TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
RENDY RHOMADANNIUS FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dan dibahas dalam penelitian ini adalah, bagaimana kualitas layanan (Reliability, Tangibles, Responsivenes, Assurance, Emphaty) yang diberikan oleh Giant Supermarket Bengkulu terhadap kepuasan pelanggan Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas layanan (reliability, tangibles, responsiveness, assurance, emphaty) yang diberikan Giant Supermarket kepada pelanggan dan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh Giant Supermarket Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Menurut Singarimbun (1999:3) mendefenisikan “Penelitian survei sebagai penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai pengumpul data pokok”. Pengumpulan data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Sampel yang digunakan ada 100 responden. Kemudian menggunakan jenis penelitian survey serta menggunakan kuisioner dan melakukan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) secara statistik, kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, (2) pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pelanggan Giant Supermarket Bengkulu masing-masing sebesar 0,02; 0,05; 0,06; 0,02; dan 0,07. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan, dapat diberikan beberapa saran yang dapat dipertimbangkan terutama oleh manajemen Giant Supermarket Bengkulu dalam hal kualitas layanan yakni : (1) kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), dan empati (emphaty) memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan, dan variabel yang kurang memuaskan pelanggan yaitu variabel bukti fisik (tangibles), dan jaminan (assurance). Hal ini perlu diperhatikan pihak Giant Supermarket Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 28 Nov 2013 22:43
Last Modified: 28 Nov 2013 22:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2245

Actions (login required)

View Item View Item