EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU

Afrezilia, Yola and Elita, Yessy and Suprapti, Anni (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI YOLA AFREZILIA - Yola Afrezilia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok pendekatan realita untuk meningkatkan konsep diri siswa broken home di SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Penelitian kuantitatif dengan desain pre�eksperimen menggunakan subjek berjumlah 6 orang siswa. Data siswa broken home didapatkan dari guru Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 09 Kota Bengkulu dan dilakukan proses pemberian angket konsep diri siswa broken home. Data dianalis menggunakan uji-t dengan hasil nilai t = -29.000 (p < 0.05) ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok pendekatan realita terhadap konsep diri siswa broken home. Penelitian menunjukan skor rata�rata konsep diri siswa broken home sebelum diberikan perlakuan (mean = 105,5) termasuk ke dalam kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata konsep diri siswa broken home menjadi (mean = 192,5) termasuk ke dalam kategori tinggi. Terjadi peningkatan skor rata-rata konsep diri siswa broken home setelah diberikan perlakuan. Layanan konseling kelompok pendekatan realita efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa broken home di SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menyarankan kepada guru Bimbingan dan Konseling untuk dapat menggunakan layanan konseling kelompok pendekatan realita untuk meningkatkan konsep diri siswa broken home. Kata kunci : konsep diri siswa broken home, layanan konseling kelompok pendekatan realita.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:10
Last Modified: 16 Oct 2024 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22451

Actions (login required)

View Item View Item