PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPODTERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA DI SMA

Utami, Pranesti Nita and Risdianto, Eko and Hamdani, Dedy (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPODTERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA DI SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
PRANESTI NITA UTAMI_A1E020032_SKRIPSI UNTUK PERPUS UNIB LENGKAP - Pranesti Nita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peran yang penting dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran menjadikan proses belajar mengajar lebih efektif, menarik, dan membantu guru serta siswa dalam belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media Nearpod. Nearpod merupakan aplikasi berbasis web yang memiliki banyak fitur menarik yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Siswa cenderung merasa bosan dengan metode belajar yang konvensional. Untuk itu dilakukan proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran Nearpod dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Pengaruh penggunaa media pembelajaran berbasis Nearpod diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa SMA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Quasy Eksperimen. Penelitian ini biasa digunakan untuk mengukur suatu pengaruh variabel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Neapod serta variabel terikat dalam penelitian adalah kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh besar pengaruh media pembelajaran Nearpod terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa yang diukur menggunakan Effect Size diperoleh nilai sebesar 0,4052 dengan kriteria sedang. Selain mengukur besar pengaruh pada penelitian ini juga mengukur hasil peningkatan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dengan menggunakan N�gain dan diperoleh nilai pada kelas eksperimen sebesar 0,7136 dengan kriteria tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 0,6454 dengan kriteria sedang. Kata kunci : Media pembelajaran, Nearpod , Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:10
Last Modified: 16 Oct 2024 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22464

Actions (login required)

View Item View Item