PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI MEDAN MAGNET DI SMAN KOTA BENGKULU

Refiana, Refiana and Risdianto, Eko and Purwanto, Andik (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI MEDAN MAGNET DI SMAN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
REFIANA (A1E017016) - Refiana _.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan persepsi media pembelajaran mind mapping berbasis web untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi medan magnet yang baik dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 3D dengan langkah-langkah pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik non tes yang menggunakan data observasi, telaah dokumen, dan angket. Teknik analisis data adalah metode deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru fisika dan peserta didik kelas XII di SMA 9 Kota Bengkulu. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mind mapping yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan persentase rata-rata sebesar 86%, sehingga layak untuk diuji keterbacaannya sehingga mendapatkan penilaian persepsi sangat baik dengan rata-rata persentase 87%. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Mind Mapping, Web, Pemahaman Konsep, Medan Magnet

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:10
Last Modified: 16 Oct 2024 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22465

Actions (login required)

View Item View Item