Herfani, Herfani and Setiawan, Iwan and Purwanto, Andik (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI herfani unib (2) - HERFANI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, hendaknya model pembelajaran problem based learning dapat diterapkan di materi lainnya yang sesuai agar peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa terus berkembang. Penelitian juga untuk mendeskripsikan peningkatan ketarampilan berfikir kritis siswa pada meteri pemanasan global setelah menggunakan model pemebelajaran problem based learnng untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen (kuasi eksperimen). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-experimental design dengan bentuk penelitian adalah one grup pretest-postest. Berdasarkan hasil perhitungan Model problem based learning berpengaruh terhadap meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pemanasan global. Hal ini terlihat pada hasil uji hipotesis data posttest pretest, dimana nilai sig. (2-tailed) 0,001 lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05. Hasil yang diperoleh pada penelitian yang telah dilakukan di SMA NEGERI 4 Kota Bengkulu pada kelas XI. KATA KUNCI: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Meningkatakan Kemampuan Berfikir Kritis, Pemanasan Global.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:12 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22471 |
Actions (login required)
View Item |