PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK DWI DHARMA KOTA BENGKULU

Triyanti, Anggun Wulan and Kurniah, Nina and Suryadi, Didik (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK DWI DHARMA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
_UNIB_ANGGUN WULAN TRIYANTI (A1I019018) - Tiara Karmita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kerjasama merupakan hal yang sangat penting untuk kesuksesan kelompok karena membutuhkan kompetensi interaksi, tanggung jawab, saling menghargai, dan saling menolong . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui model project based learning dengan melakukan kegiatan yang akan menghasilkan proyek maket kebun binatang dan aquarium.. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dwi Dharma Kota Bengkulu yang berjumlah 14 orang anak yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Objek penelitian ini yaitu kemampuan kerja sama anak yang meliputi kemampuan interaksi, tanggung jawab, saling menghargai dan saling membantu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model project based learning dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak dari siklus 1 pertemuan ketiga memperoleh nilai rata�rata 6 dengan kriteria MB (Mulai Berkembang) dan pada siklus 2 pertemuan ketiga memperoleh nilai rata-rata 11 dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menerapkan model project based learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Kata Kunci: Project Based Learning, Kerjasama Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:41
Last Modified: 16 Oct 2024 04:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22522

Actions (login required)

View Item View Item