Adhartini, Mia Aidul and Sumarsih, Sumarsih and Ardina, Mona (2024) PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK A DI TK KIDDIE LAND KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Mia Aidul Adhartini_A1I020015 PGPAUD.pdf 2.docx_compressed - Mia Aidul Adhartini.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan menyimak anak. Peneliti menggunakan metode Quasy Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah anak kelompok A di TK Kiddie Land Kota Bengkulu yang berjumlah 27 anak. Sampel penelitian sebanyak 18 anak diambil dengan menggunakan random sampling yang merupakan anak kelas A1 dan A3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kemampuan menyimak anak di kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 12,78 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol dengan nilai sebesar 9,33. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 berarti bahwa terdapat pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan menyimak anak kelompok A di TK Kiddie Land Kota Bengkulu. Disarankan kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini dengan metode yang sama yaitu kemampuan menyimak tetapi lebih mendalam lagi pada salah satu aspek penelitian ini yaitu kemampuan anak dalam menceritakan kembali isi cerita untuk lebih dikembangkan lagi. Kata Kunci : Buku Cerita Bergambar, Kemampuan Menyimak
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:25 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:25 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22542 |
Actions (login required)
View Item |