PENGARUH PERMAINAN LAVA LAMP TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK ISLAM INSAN INTANI PEMATANGGUBERNURKOTABENGKULU

Nopira, Septi and Daryati, Melia Eka and Yanti, Fitri (2024) PENGARUH PERMAINAN LAVA LAMP TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK ISLAM INSAN INTANI PEMATANGGUBERNURKOTABENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Septi Nopira A1I019009 PG PAUD - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan lava lamp terhadap keterampilan proses sians anak usia dini kelompok B di TK Islam Insan Intani Pematang Gubernur Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini Quasi Exsperimental dengan design Nonequivalent Control Group Desain. Sampel penelitian ini berjumlah 29 anak terdiri dari kelas eksperimen 15 anak dan kelas kontrol 14 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data digunakan rumus t-test menggunakan program SPSS 25 dengan persyaratan data normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan permainan lava lamp terhadap keterampilan proses sians anak usia dini kelompok B di TK Islam Insan Intani Pematang Gubernur Kota Bengkulu. Disarankan kepada guru untuk menerapkan sains dalam pembelajaran sehingga keterampilan sains anak terstimulus dengan baik seperti bermain menanam dalam pot, bermain mengenal rasa, bermain mengenal benda melayang dan lain-lain sehingga dapat meningkatkan keterampilan proses sains anak. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Permainan anak, Permainan Lava Lamp

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:31
Last Modified: 17 Oct 2024 01:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22548

Actions (login required)

View Item View Item