PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI DENGAN TEKNIK USAP ABUR TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK

Marliyastuti, Novia and Ardina, Mona and Fitriana, Septi (2024) PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI DENGAN TEKNIK USAP ABUR TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPS)
SKRIPSI NOVIA MARLIYASTUTI - Novia Marliyastuti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan mewarnai dengan teknik usap abur terhadap keterampilan motorik halus anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian adalah anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Pamardi Siwi sebanyak 11 siswa dan Taman Kanak-kanak Pangudi Luhur sebanyak 13 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan motorik halus anak kelompok A di kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 88,36 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol dengan nilai sebesar 74,15. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 berarti bahwa terdapat pengaruh kegiatan mewarnai dengan teknik usap abur terhadap keterampilan motorik halus anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak. Disarankan kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini dengan meneliti keterampilan motorik halus anak dilihat dari aspek perbedaan gender anak yang dapat dikembangkan melalui kegiatan mewarnai dengan teknik usap abur. Kata Kunci : Mewarnai, Teknik Usap Abur, Keterampilan Motorik Halus

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:50
Last Modified: 17 Oct 2024 02:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22564

Actions (login required)

View Item View Item