PENGARUH PERMAINAN MAZE ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 - 20 ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II DESA RINDU HATI KECAMATAN TABA PENANJUNG BENGKULU TENGAH

Hanisa, Novia and Ardina, Mona and Fitriana, Septi (2024) PENGARUH PERMAINAN MAZE ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 - 20 ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II DESA RINDU HATI KECAMATAN TABA PENANJUNG BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Novia untuk perpus unib - Novia Hanisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan maze angka terhadap kemampuan men genal konsep bilangan 1-20 pada anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 13 anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Rindu Hati Bengkulu Tengah. Selanjutnya teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh (Saturation Sampling). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B sebelum diberi perlakuan (pre-test) dengan nilai rata-rata sebesar 2,4 dan setelah diberi perlakuan (post-test) pada kelompok eksperimen meningkat menjadi 3,5. Selain itu, hasil perhitungan paired sample t-test diketahui nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh maze angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Desa Rindu Hati. Disarankan (1) bagi guru dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak dengan maze angka dan menjadi referensi guru dalam melakukan kegiatan untuk menstimulus kemampuan kognitif anak usia dini. (2) bagi sekolah sebagai salah satu cara dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada jenjang pendidikan anak usia dini. Kata Kunci: Maze Angka, Konsep Bilangan, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:50
Last Modified: 17 Oct 2024 02:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22565

Actions (login required)

View Item View Item