PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DAN NON SENTRA

Zezviona, Neza and Delrefi, Delrefi and Agustriana, Nesna (2024) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DAN NON SENTRA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Saya Perpus - Neza Zezviona.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian di latar belakangi fenomena di lapangan rendahnya kemampuan berpikir simbolik anak dalam mengenal konsep lambang huruf dan angka bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya perbedaan kemampuan berpikir simbolik anak antara model pembelajaran sentra dan non sentra di Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan ex post facto dengan subjek sebanyak 34 anak usia 5 – 6 tahun. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir simbolik anak dengan model pembelajaran sentra memperoleh nilai rata-rata 12.705 berkualifikasi baik. Sedangkan pada model pembelajaran non sentra memperoleh nilai rata-rata 11.921 berkualifikasi baik. Hasil uji test Sig. (2-tailed) bernilai 0.040 < 0.05 dan menunjukkan bahwa Ha diterima dan HO ditolak artinya terdapat perbedaan dari kemampuan berpikir simbolik anak antara model pembelajaran sentra dan non sentra. Disarankan kepada guru untuk memberikan stimulasi yang sesuai dengan kemampuan anak agar kemampuan berpikir simbolik anak berkembang dengan baik, serta kepada peneliti selanjutnya sebagai bahan acuan dan informasi untuk penelitian selanjutnya. Kata Kunci: Berpikir simbolik, model pembelajaran sentra, anak kelompok B

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:51
Last Modified: 17 Oct 2024 02:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22570

Actions (login required)

View Item View Item