PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK

Karmita, Tiara and Kurniah, Nina and Suryadi, Didik (2024) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI TIARA KARMITA A1I019029 - Tiara Karmita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak melalui penggunaan media papan pintar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklusnya dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini yaitu anak kelompok B TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Kepahiang yang berjumlah 10 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi aktivitas anak dan observasi aktivitas mengajar guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media papan pintar dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak, karena pada saat proses pembelajaran melibatkan anak secara langsung dan materi yang disampaikan juga sesuai dengan perkembangan anak serta dilaksanakan dengan menarik dilihat dari siklus II pertemuan ketiga penggunaan media papan pintar memproleh persentase delapan puluh persen. Oleh karena itu disarankan kepada guru agar dapat menggunakan media papan pintar ini pada saat pembelajaran karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak. Kata kunci: berpikir simbolik, media papan pintar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:51
Last Modified: 17 Oct 2024 02:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22573

Actions (login required)

View Item View Item