ORIENTASI GAYA HIDUP KONSUMTIF REMAJA KOTA BENGKULU TERHADAP NIAT BELI PRODUK DISTRO (DISTRIBUTION OUTLET)

Eka Saputra, Fachri and Lizar , Alfansi (2009) ORIENTASI GAYA HIDUP KONSUMTIF REMAJA KOTA BENGKULU TERHADAP NIAT BELI PRODUK DISTRO (DISTRIBUTION OUTLET). Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
FACHRI EKA SAPUTRA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan cara pandang dan persepsi konsumen tentang mode dan cara berpakaian membawa pengaruh besar terhadap pola atau gaya hidup masyarakat. Terutama remaja, mereka cenderung menyesuaikan diri dengan trend yang ada saat ini dan menghindar dari sebutan ketinggalan mode. Tak terkecuali dalam berpakaian, remaja cenderung mengikuti trend dilingkungan yang diawali dari ketertarikan akan penampilan para artis, pemain band, dan public figur yang cenderung menjadi trendsetter-nya remaja. Pengaruh teknologi canggih, seperti internet, majalah, dan saluran tv satelit, memudahkan para remaja untuk memperoleh informasi yang luas dan cepat, termasuk mengenai mode. Hal ini mendorong sikap yang positif kearah gaya hidup suatu produk, dan kearah gaya hidup periklanan yang kemudian mempengaruhi niat para remaja di kota Bengkulu untuk membeli produk distro (distribution outlet). Penelitian ini dilakukan pada konsumen remaja di kota Bengkulu pembeli dan pengguna produk distro. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kausal dari hubungan yang menarik antara orientasi gaya hidup yang dipengaruhi sikap kearah gaya hidup produk, sikap kearah gaya hidup periklanan, dan niat beli produk distro. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilistic sampling, karena tidak memiliki sampling frame yang biasa digunakan pada teknik probabilistic sampling dan dengan metode pengumpulan data bersifat accidental. Metode analisis yang digunakan untuk menguji konstruk adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan 200 sampel dari 210 kuisioner yang disebarkan. Hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa dari lima hipotesis yang diajukan, terdapat dua hipotesis yang tidak dapat dibuktikan. Dua hipotesis tersebut yaitu orientasi gaya hidup remaja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap kearah gaya hidup periklanan, dan niat beli produk distro.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 28 Nov 2013 23:07
Last Modified: 28 Nov 2013 23:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item