PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KONTEKS LOKAL DALAM PROSES PEMBUATAN BEKASAM

Najmi, Safa’atun and Nursaadah, Euis and Defianti, Afrina (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KONTEKS LOKAL DALAM PROSES PEMBUATAN BEKASAM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Safa'atun Najmi_A1M019052_Program Studi Pendidikan IPA - Safa'atun Najmi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dikembangkan oleh guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. LKPD dapat menjadi pedoman bagi peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran yang aktif serta mandiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana karakteristik bekasam yang dihasilkan, 2) Mendeskripsikan kelayakan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Bioteknologi konteks Lokal dalam proses pembuatan bekasam di kelas IX SMP Berdasarkan hasil Validasi oleh para ahli, 3) Mengetahui Respon guru terhadap LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik pada materi Bioteknologi konteks Lokal dalam proses pembuatan bekasam di kelas IX SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Batanghari, SMP N 10 Batanghari, SMP N 12 Batanghari, SMP N 16 Batanghari pada Bulan Oktober Tahun 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Lembar angket validasi ahli, 2) Lembar angket respon guru IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil rata-rata uji Validasi Ahli materi,media dan bahasa 96,5% (Valid). Pada uji respon guru IPA mendapatkan hasil rata-rata 89,612% (sangat baik). Kata kunci: Bioteknologi, LKPD, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:23
Last Modified: 17 Oct 2024 04:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22599

Actions (login required)

View Item View Item