Sari, Desi Permata and Lubis, Indra Sakti and Defianti, Aprina (2024) PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DESI PERMATA SARI - Desi permata sari.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan handout terhadap hasil belajar pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan model nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu dengan sampel kelas VII A dan VII B berjumlah 30 orang. Hasil perhitungan uji-t pada thitung 2,75 dan ttabel 2,002 membandingkan thit > ttab (2,75 > 2,002) dengan taraf signifikan 5%. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji peningkatan hasil belajar N-gain 0,634 kategori sedang. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan handout interaksi makhluk hidup dengan lingkunganterhadap hail beslajar siswa dan hasil belajar mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Kata kunci : Handout, Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:23 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22600 |
Actions (login required)
View Item |