Notesyia, Vellia and Yani, Ariefa P and Defianti, Aprina (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI BERBANTUAN ADOBE ANIMATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPIT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
VELLIA NOTESYIA-A1M019034_compressed (1) - Vellya Notesya.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media animasi berbantuan adobe animate pada meteri sistem pernapasan pada manusia terhadap hasil belajar dan peningkatan hasil belajar siswa SMPIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Jenis penelitian yangditerapkan adalah quasi experiment research tipe nonequivalent kontrol group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel, yaitu sampel kelompok eksperimen yang berjumlah 17 orang dan sampel kontrol yang berjumlah 16 orang. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan independent sample t-test (α = 0,05) didapatkannilai taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel, dimana 5,884 > 2,03 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inukiri terbimbing dengan menggunakan media animasi berbantuan adobe animate terhadap hasil belajar siswa SMPIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan media animasi berbantuan adobe animate dapat meingkatkan hasil belajar siswa SMPIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh sebesar 0,78 dalam kategori tinggi. Kata kunci: inkuiri terbimbing, adobe animate, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22604 |
Actions (login required)
View Item |