PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA

Asriani, Aulia and Elvia, Rina and Amir, Hermansyah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Aulia Asriani A1F020024 Pendidikan Kimia - asriani aulia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi Ikatan Kimia yang bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik dan peningkatan motivasi belajar peserta didik pada materi ikatan kimia setelah penggunaan media pembelajaran interaktif. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu sejak bulan Maret hingga bulan Juni dengan subjek penelitian yaitu 12 peserta didik kelas X-G untuk uji coba kelompok kecil dan 36 peserta didik kelas X-H untuk uji coba kelompok besar. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan lembar angket motivasi belajar peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh (1) kelayakan oleh validator ahli media dan materi dengan persentase rata-rata sebesar 97% dan 91,25%, dengan kategori sangat valid, (2) dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi ikatan kimia yang telah dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 88,46%, (3) setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android yang telah dikembangkan diketahui bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar peserta didik dengan persentase 88,01% yang berkategorikan sangat tinggi. Kata kunci : media pembelajaran interaktif, model ADDIE, ikatan kimia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:51
Last Modified: 17 Oct 2024 04:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22607

Actions (login required)

View Item View Item