PENGEMBANGAN E-MODUL PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN LABORATORIUM KIMIA BERBANTUAN APLIKASI CANVA

Eliza, Eliza and Wiwit, Wiwit and Nurhamidah, Nurhamidah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN LABORATORIUM KIMIA BERBANTUAN APLIKASI CANVA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
skripsi Eliza_A1F020006 - Eliza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan e-modul pengetahuan dan keterampilan laboratorium kimia berbantuan aplikasi canva, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respons mahasiswa terhadap e�modul yang dikembangkan. Model pengembangan e-modul menggunakan model ADDIE yang dibatasi sampai tahap development. Subjek uji coba pada penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu yang pernah mengikuti mata kuliah Pengetahuan dan Keterampilan Laboratorium Tahun Akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket kebutuhan mahasiswa, studi pustaka, validasi ahli, dan angket respons mahasiswa. Hasil angket kebutuhan menunjukkan 96,9% mahasiswa membutuhkan bahan ajar sebagai sumber belajar pengetahuan dan keterampilan laboratorium kimia. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase rata-rata tingkat kelayakan e�modul pada aspek media yaitu 93,4% sedangkan dari aspek materi yaitu 90,6% yang termasuk pada kategori sangat valid. Uji respons mahasiswa memperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 96,7%% berada pada kategori sangat baik. Dari hasil penelitian dan pengembangan, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar tambahan dalam perkuliahan. Kata Kunci : E-Modul, Pengembangan, Pengetahuan dan Keterampilan Laboratorium Kimia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:23
Last Modified: 18 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22622

Actions (login required)

View Item View Item