PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA KESEHATAN (Studi Deskriptif Kualitatif di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kota Bengkulu)

Prasetyo, Yogie Alpin and Aliman, Aliman and Syaiful, Anwar (2021) PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA KESEHATAN (Studi Deskriptif Kualitatif di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
BAB 1-5 TESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana pendidkan jasmani olahraga kesehatan pada sekolah SMK N 7 Bengkulu, meliputi: (1) Perencanaan; (2) Pengadaan; (3) Penyimpanan; (4) Inventarisasi; (5)Pendistribusian dan Pemanfaatan; (6) Pemeliharaan; dan (7) Penghapusan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah pengelola sarana dan prasarana olahraga, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana, dan Guru PJOK. Lokasi penelitian di SMK N 7 Bengkulu. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian pengelolaan sarana dan prasarana pendidkan jasmani olahraga kesehatan pada sekolah SMK N 7 Bengkulu menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan sarana dan prasarana olahraga dilakukan melalui rapat perencanaan. (2) Pengadaan sarana dan prasarana olahraga dilakukan dengan cara pembelian langsung, mendapat bantuan dari Pemerintah, meminjam, dan menyewa; (3) Penyimpanan alat-alat olahraga sudah tertata dan tersistem terhadap alat-alat olahraga persediaan, pemakaian rutin, dan yang rusak serta sekolah memiliki tempat penyimpanan yang cukup. (4) Inventarisasi terhadap sarana dan prasarana olahraga dilakukan dengan pendataan dan pembaharuan informasi sarana dan prasarana olahraga secara rutin. (5) Pendistribusian sarana dan prasarana olahraga menggunakan pendistribusian langsung. (6) Pemeliharaan terhadap sarana dan prasarana olahraga dengan pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, dan memperhatikan cara penyimpanan; dan (7) Penghapusan terhadap sarana dan prasarana olahraga belum pernah dilaksanakan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 03 Jul 2021 14:39
Last Modified: 03 Jul 2021 14:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22623

Actions (login required)

View Item View Item