Nisa, Hikmah Hidayati Khairun and Yensy, Nurul Astuty and Stiadi, Elwan (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII UNTUKMENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
A1C02038_Hikmah_Skripsifull - Hikmah Hidayati Khairunnisa.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk LKPD. Latar belakang dalam penelitian adalah kurang optimalnya penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran peserta didik menggunakan buku paket sebagai panduan materi dan LKS sebagai latihan soal, untuk latihan soal yang diberikan belum dikhususkan untuk pemahaman konsep. Oleh karena itu di kembangkan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan saintifik dengan tujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan saintifik materi kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian desain (Development studies) dengan menggunakan model pengembangan tipe formative research yang terdiri dari 2 tahapan utama yaitu: tahapan preliminary dan formative evaluation. Pada tahap formative evaluation meliputi self evaluation, prototyping (expert review, one-to-one dan small group) serta field test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik dinyatakan valid berdasarkan aspek materi, konstruk dan bahasa, LKPD ini dikatakan sangat praktis dengan skor rata�rata berturut yaitu 96,96% dan 90,94%, LKPD memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil ketuntasan klasikal belajar, dimana 86,20% peserta didik mencapai nilai di atas 75, perhitungan uji T didapatkan bahwa bahwa nilai signifikansi sebesar 0,00, dimana nilai sig < 0,05, maka ÿ0 ditolak. Hal ini berarti adanya pengaruh yang signifikan antara pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan dan didapatkan nilai N-Gain yaitu 0,68 dengan kriteria cukup efektif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik menjadi bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif untuk kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kubus dan Balok, LKPD, Pendekatan Saintifik.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:25 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 02:25 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22634 |
Actions (login required)
View Item |