Candraprima, Ilhamd and Agustinsa, Ringki and Sumardi, Hari (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 11 KOTA BENGKULU PADA MATERI STATISTIKA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
A1C019034_ILHAMDI CANDRAPRIMA_SKRIPSI - Ilhamdiic (1).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah siswa yang rendah melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain The nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2022/2023. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini ialah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan problem based learning dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes uraian kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel, yakni 2,77 > 2,00 dan nilai sig.(2-tailed) lebih kecil dari nilai signifikan α yakni 0,01 < 0,05 dengan nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata N-gain kelas kontrol yakni 0,45 > 0,36. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning, Statistika
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:53 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 02:53 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22638 |
Actions (login required)
View Item |