PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Yanti, Arsya Viandra and Yensy, Nurul Astuty and Siagian, Teddy Alfran (2024) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
ARSYA VIANDRA YANTI_A1C018044_SKRIPSI - Arsya Viandra Yanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh tingkat kemampuan awal dan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dimana kelas VIII E berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII B berjumalah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes kemampuan awal dan lembar tes hasil belajar (posttest) yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 68,53 dan kelas kontrol adalah 57,67. Kemudian dilakukan uji F untuk mengetahui pengaruh simultan variabel bebas pada variabel terikat diperoleh nilai yakni . sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan tingkat kemampuan awal dan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Awal, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:34
Last Modified: 18 Oct 2024 04:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22645

Actions (login required)

View Item View Item