PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SPLDV UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP

Azalia, Belinda and Hanifah, Hanifah and Maulidiya, Della (2024) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SPLDV UNTUK KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Belinda Azalia_A1C020005_Skripsi - Belinda Azalia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Kurang optimalnya proses pembelajaran dan penggunaan teknologi media menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi SPLDV. Berdasarkan wawancara dengan guru, rendahnya hasil belajar siswa pada materi tersebut disebabkan oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Untuk mengatasi masalah ini perlu mengembangkan elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi SPLDV yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan Penelitian Desain pendidikan tipe Development Study yang terdiri dari tiga tahapan: preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara validasi, lembar kepraktisan, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD valid karena dikonstruksi sesuai dengan kebenaran isi dan tujuan pembelajaran, praktis karena memudahkan guru dalam persiapan materi dan membuat suasana belajar menyenangkan bagi siswa, dan efektif karena 91,7% siswa mencapai nilai di atas 75. Karakteristik utama e-LKPD ini melibatkan tahap-tahap PBL yang melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV. Tahap-tahap tersebut meliputi orientasi siswa terhadap masalah dengan apersepsi kontekstual, mengorganisasi belajar melalui diskusi, membimbing penyelidikan kelompok dalam melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan mengembangkan dan menyajikan hasil karya dengan pemeriksaan kembali temuan menggunakan pertanyaan Polya. Hasilnya, e-LKPD berbasis PBL dapat menjadi media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: LKPD, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:34
Last Modified: 18 Oct 2024 04:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22647

Actions (login required)

View Item View Item