Dewi, Chintiya and Muchlis, Effie Efrida and Siagian, Teddy Alfran (2024) DIDACTICAL DESIGN RESEARCH (DDR) PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
CHINTIYA DEWI_A1C02009_SKRIPSI_PERPUSTAKAAN-Dikompres_compressed-dikompresidikompresi - Chintiya Dewi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain didaktis pada pembelajaran garis singgung lingkaran yang dilatarbelakangi oleh hambatan epistemologi (learning obstacles). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Didactical Design Reserch (DDR). Desain didaktis dikembangkan melalui tiga tahapan. Pertama menyusun desaian awal berdasarkan hambatan epistemologi yang ditemukan pada tes uji learning obstacles, kedua analisis metapedadidaktis saat pembelajaran berlangsung, dan ketiga analisis retrospektif dengan cara melakukan uji tes learning obstacles akhir pada kelas implementasi desain didaktis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu pada kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima tipe learning obstacles yang dialami siswa, yaitu: 1) learning obstacles terkait konsep garis singgung lingkaran dan sifat-sifat garis singgung lingkaran, 2) learning obstacles terkait materi prasyarat teorema pythagoras, 3) learning obstacles terkait materi prasyarat lingkaran, 4) learning obstacles terkait dalam menyelesaikan soal-soal variasi materi garis singgung lingkaran, dan 5) learning obstacles terkait cara melukis garis singgung lingkaran berdasarkan kontruksi geometri. Berdasarkan hasil implementasi desain didaktis yang dibuat dan hasil uji tes learning obstacles akhir, beberapa learning obstacles yang ditemukan mengalami penurunan, namun masih terdapat beberapa learning obstacles yang masih muncul. Adapun learning obstacles yang masih ditemukan adalah 1) learning obstacles terhadap kemampuan pemahaman konsep indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep, 2) learning obstacles terhadap kemampuan perhitungan dan operasi matematis, dan 3) learning obstacles terhadap kemampuan menggambar garis singgung lingkaran berdasarkan kontruksi garis singgung lingkaran. Maka desain didaktis awal ini memerlukan desain didaktis revisi sehingga hambatan siswa yang masih muncul dapat teratasi. Kata Kunci : Didactical Design Research (DDR), Learning Obstacles, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Desain Didaktis
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22648 |
Actions (login required)
View Item |