Febriana, Annisaa’ Sarina and Maulidiya, Della and Stanggo, Pratiwi Disha (2024) PENGEMBANGAN LKPD PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
DDraf sidang Skripsi Annisaa'Sarina Febriana_A1C020073 - Bocah bengkulu.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik SMP, khususnya pada materi operasi bentuk aljabar. Bahan ajar yang belum memuat tahapan sistematis untuk memecahkan sebuah masalah menjadi salah satu penyebabnya, sehingga diperlukan inovasi yaitu LKPD pemecahan masalah kontekstual yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis educational design research tipe development study yang terdiri atas tiga tahapan, yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD pemecahan masalah kontekstual pada materi operasi bentuk aljabar kelas VII SMP memenuhi kriteria valid berdasarkan aspek isi, konstruk, dan bahasa setelah beberapa direvisi terkait aktivitas belajar pemecahan masalah,sesuai dengan soal pemecahan masalah, penggunaan bahasa yang komunikatif dan penafsiran ganda. LKPD juga praktis bagi guru dan peserta didik dalam membantu kemudahan penggunaan, kemudahan proses pembelajaran, serta tingkat kepuasaan dari pengguna. LKPD memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntusan klasikal, dimana 88% peserta didik mencapai nilai tes di atas 75 dan Karakteristik utama LKPD yang dikembangkan adalah penyusunan aktivitas belajar pemecahan masalah dan tahapan applying yang mendukung peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi operasi bentuk aljabar. . Kata kunci: LKPD, Pemecahan Masalah,Kontekstual
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:34 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22650 |
Actions (login required)
View Item |