PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SISWA SMP NEGERI 5 SELUMA

Taqwan, Budi and Saleh, Haji and Nirwana, Nirwana (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SISWA SMP NEGERI 5 SELUMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS FIX BENER.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor learning) terhadap Kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP Negeri 5 Seluma. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen yang dipilih dalam penelitian ini siswa kelas VII sebagai kelas Ekperimen dan kelas VII sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar test kemampuan pemahaman konsep dan lember test untuk kemampuan pemecahan masalah. Tehnik analisis data terdiri dari tehnik analisis uji coba intrumen dan analisis uji hipotesis.analisis hipotesis penelitian menggunakan mancova .hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran luar kelas (Outdoor learning) dan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP negeri 5 Seluma. Besar pengaruh pembelajaran luar kelas (Outdoor learning) dan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa 97,9 % dan besar pengaruh pembelajaran luar kelas (Outdoor learning) dan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa 97,3 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 03 Jul 2021 14:38
Last Modified: 03 Jul 2021 14:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22660

Actions (login required)

View Item View Item