PENERAPAN PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTs AL-HASANAH BENGKULU TENGAH

Saputra, Dery and Maulidiya, Della and Lestary, Ratnah (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTs AL-HASANAH BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Ratnah)
perpus besak (1) - 068 Dery Saputra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

kemampuan dalam menyelesaikan soal sangat berpengaruh terhadap hasil belajar Peserta didik. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh berbagai faktor dalam proses pembelajaran, seperti proses pembelajaran yang tidak menarik minat peserta didik, peserta didik yang tidak berani bertanya serta kelompok diskusi yang belum tepat. Hal tersebut mendasari penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajatran TPS berbantuan geogebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIID MTs Al-Hasanah Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah pengamatan, LKPD dan tes tulis. Hasil penelitian ini pada siklus I hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 61,3 dan persentase ketuntasan belajar 24%. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata skor 19 dengan kategori cukuo aktif. Pada Siklus II nilai rata-rata tes akhir siklus mengalami peningkatan mencapai 80,896 dan persesntase ketuntasan belajar 76%. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan rata-rata skor 26 dengan kategori aktif. Hasil analisis hasil belajar. Jadi penerapan model pembelajaran TPS berbantuan geogebra dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Geogebra, Hasil belajar peserta didik, TPS.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:35
Last Modified: 18 Oct 2024 04:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22662

Actions (login required)

View Item View Item