Rawani, Sahila and Siagian, Teddy Alfran and Yensy, Nurul Astuty (2024) EFEKTIVITAS MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DI SMP N 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Sahila Rawani_A1C020035_ Skripsi - Sahila Rawani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa karena masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Thenonequilavent Control Group Desain. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 366 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan 33 siswa, sedangkan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk soal uraian. Analisis data menggunakan: analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Efektivitas model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial di SMP Negeri 5 Kota Bengkulu berada pada kategori tinggi. Model konvensional menunjukkan tingkat efektivitas yang cukup. Kata kunci: Eksperimen Semu, Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE), Kemampuan Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:35 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22665 |
Actions (login required)
View Item |