PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Sindiyani, Selly and Agustinsa, Ringki and Stanggo, Pratiwi Disha (2024) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA UNTUK KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI _Selly Sindiyani_A1C020025_Pend.Matematika - 025 Selly Sindiyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Kurang optimalnya proses pembelajaran dan penggunaan bahan ajar menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi statistika. Bahan ajar yang digunakan kurang mampu membantu peserta didik dalam merumuskan situasi secara matematis, menerapkan matematika, dan menafsirkan hasil matematika. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu adanya LKPD model Problem Based Learning pada materi statistika di kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan design research (penelitian desain) dengan menggunakan tipe development studies dengan menerapkan 3 tahapan, yaitu preliminary (penelitian pendahuluan), prototyping (pembuatan prototipe) dengan menggunakan alur formative evaluation (self evaluation, one-to-one, small group), assessment phase (tahap penilaian). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar kepraktisan dan soal tes kemampuan literasi matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dengan model Problem Based Learning memenuhi kategori Valid dari segi materi, konstruksi, bahasa dan uji keterbacaan diperoleh dari hasil penilaian validator dan peserta didik terkait dengan kesesuaian LKPD dengan materi ajar, kesesuaian dengan indikator literasi, kesesuaian LKPD dengan PBL. Praktis berdasarkan penilaian beberapa kelompok peserta didik yang diperoleh dari hasil penilaian kepraktisan terkait waktu pengerjaan LKPD, langkah penggunaan LKPD. Efektif dari hasil ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu diperoleh 85,2% peserta didik tuntas dengan nilai . Dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Kata kunci: LKPD, Literasi matematis, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:36
Last Modified: 18 Oct 2024 04:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22666

Actions (login required)

View Item View Item