KONFLIK KOGNITIF SISWA PADA PENYELESAIAN MASALAH KESEBANGUNAN DI KELAS VII SMPN 22 KOTA BENGKULU

Syafftri, Afiifah Khania and Maulidiya, Della and Lestary, Ratnah (2024) KONFLIK KOGNITIF SISWA PADA PENYELESAIAN MASALAH KESEBANGUNAN DI KELAS VII SMPN 22 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI AFIIFAH KHANIA SYAFFTRI_PERPUSTAKAAN UNIB - Afiifah Khania syaffitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Teori Piaget menyatakan bahwa konflik kognitif berperan dalam menyegarkan konsep yang dimiliki oleh peserta didik. Peserta didik yang mengalami miskonsepsi memiliki peluang untuk memperbaiki pemahaman mereka melalui konflik kognitif. Mengingat pentingnya konflik kognitif dalam pembentukan konsep matematika yang benar, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan jenis konflik kognitif peserta didik pada penyelesaian masalah kesebangunan Pada Kelas VII SMP N 22 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini studi kasus dengan metode eksploratori. Subjek penelitian ini terdiri dari enam peserta didik dengan kemampuan matematis rendah, sedang dan tinggi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan mengunakan tes konflik, wawancara dan dokumentasi berupa video realtime. Konflik kognitif yang muncul pada peserta didik tersebut adalah konflik kognitif tipe I, II dan III. Konflik kognitif tipe I terjadi karena terjadinya kontradiksi antara pemahaman konsep kesebangunan yaitu rumus perbandingan sisi yang bersesuaian dengan hasil jawaban pada permasalahan peserta didik dengan sudut-sudut yang bersesuaian. Konflik kognitif tipe II terjadi ketika terjadinya ketidakseimbangan antara skema baru konsep kesebangunan tentang ketiga sudut yang bersesuaian sama besar dengan hasil jawaban peserta didik menggunakan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian. Konflik kognitif tipe III terjadi ketika peserta didik mengalami miskonsepsi antara skema yang ada pada struktur kognitif peserta didik dalam segi visual dengan konsep kesebanagunan yaitu perbandingan sisi yang bersesuaian. Gejala atau ciri�ciri fisik yang muncul saat peserta didik mengerjakan permasalahan pada kesebangunan dalam rekaman video antara lain meletakkan kepala di meja, meletakkan pena di kepala, membolak-balikkan kertas, melihat teman sebaya, melamun, dan menggaruk kepala. Kata kuci: Konflik Kognitif, Pemecahan Masalah, Kesebangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:36
Last Modified: 18 Oct 2024 04:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22668

Actions (login required)

View Item View Item