PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTEKS BANGUNAN BERSEJARAH BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KUBUS DAN BALOK SMP

Abdullah, Aisyah Maghfirah and Yensy, Nurul Astuty and Lestary, Ratnah (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTEKS BANGUNAN BERSEJARAH BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KUBUS DAN BALOK SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Aisyah Maghfirah Abdullah A1C020014 - Aisyah Maghfirah Abdullah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis Discovery Learning dan penggunaan konteks dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari Penelitian ini yaitu menghasilkan LKPD yang memenuhi kategori valid, praktis, dan memiliki potensial efektivitas, serta memiliki kakrakteristik memecahkan masalah. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah design research menggunakan metode development studies. Hasil analisis masalah tahap preliminary research dikembangkan pada tahap prototyphing stage berupa LKPD dan tes kemampuan pemecahan masalah. LKPD dinyatakan sangat valid setelah melalui perbaikan di tahapan expert review, yaitu dari aspek materi, aspek konstruk, dan aspek bahasa, serta perbaikan pada tahap one-to-one. Pada tahap small group LKPD diujicobakan pada peserta didik dengan kemampuan yang berbeda (tinggi, sedang, rendah), dan diperoleh hasil bahwa LKPD praktis. Tahap assessment phase dilakukan di kelas VIII D dan diperoleh hasil bahwa LKPD memiliki potensial efektivitas terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, serta diperoleh bahwa respon peserta didik sangat baik pada proses pembelejaran. Selain itu, LKPD memiliki karakteristik khusus yaitu terkait dengan penggunaan masalah pada tahap stimulation dan problem statement yang menggunakan konteks bangunan bersejarah yaitu benteng Marlborough dan museum rumah Fatmawati dengan materi luas permukaan dan volume kubus serta balok.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:51
Last Modified: 21 Oct 2024 01:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22669

Actions (login required)

View Item View Item